Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Beli WD My Cloud Home sebelum tau ini

Sebagai seorang pengguna iPhone Anda pasti sering banget bermasalah dengan masalah penyimpanan. Apalagi iPhone dengan kapasitas yang tanggung seperti ukuran 64GB. Untuk penggunaan iPhone dibawa iPhone 7 Ukuran ini lebih dari cukup karena file yang kita hasilkan dari foto dan video tidak terlalu menguras memori iPhone tersebut.

Akan tetapi masalah muncul pada iPhone generasi tujuh keatas. Bisa jadi karena Anda semakin produktif seperti menghasilkan foto atau video, dan file file tersebut memiliki ukuran yang cukup besar untuk menghabiskan memori.

Mau tidak mau kita harus memindahkan file-file tersebut ke memori cadangan seperti flashdisk, hardisk, penyimpanan file online seperti Gdrive, iCloud, Onedrive, Dropbox, dan lain-lain.


Ada satu penyimpanan yang cukup menarik perhatian saya yaitu WD Mycloud Home. Ini adalah hardisk yang dikemas dalam My Cloud OS yang mampu menyimpan data secara remote dari manapun akan tetapi hardisk diletakan dirumah Anda dan membutuhkan koneksi internet.

WD Mycloud Home bisa diakses dengan jaringan lokal dan jaringan relay (paket data internet langganan rumah)

Ketika Anda sedang dalam rumah dan terhubung pada jaringan internet yang sama atau Wifi, Maka aktivitas pencadangan file di handphone hanya akan menggunakan jaringan local area network. Jadi tidak akan menghabiskan kuota internet di handphone ataupun menggunakan data jaringan di rumah.

Dan ketika kita sedang di luar rumah, aktivitas pencadangan data menggunakan jaringan internet di handphone atau Wifi public area. Aktivitas ini akan menghabiskan data internet pada handphone Anda. Jika Anda ingin menghemat silahkan gunakan jaringan Wifi di sekitar Anda.

Cukup menarik bukan alat ini, Tapi beneran Perlu enggak sih?

Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Saya sangat memerlukan WD Mycloud Home untuk keperluan backup data dari iPhone dan kamera saya untuk proses pemindahan dari kedua perangkat tersebut ke MacBook. Jadi keperluan saya membeli WD Mycloud Home adalah untuk mempermudah memindahkan file-file foto dan video agar bisa berjalan lebih cepat.

Berikut adalah hal yang perlu diketahui sebelum membeli WD Mycloud Home

Harganya Cukup Mahal

Harga WD Mycloud Home kapasitas 6TB adalah Rp. 3,500,000,- Jika Anda hitung dengan harga penyimpanan online seperti google drive dan iCloud ini jauh lebih murah memang, silakan atur kembali anggaran tambahan tersebut. 

Harga ruang penyimpanan iCloud 2TB adalah Rp.149,000,-/bulan. Artinya jika Anda berlangganan 24 bulan, dengan WD Mycloud Home Anda bisa menyimpan data cadangan lebih lama dari itu.

Silakan hitung kembali pengeluaran tersebut jika Anda merasa akan lebih hemat. WD Mycloud Home juga bis digunakan secara terpisah oleh seluruh anggota keluarga Anda, jadi akan sangat irit.

Perlu data internet stabil

Seperti yang saya informasikan sebelumnya jika Anda ada pada jaringan internet yang sama, maka Anda tidak perlu menggunakan paket data internet sama sekali untuk keperluan pencadangan dan pengambilan data pada WD Mycloud Home. 

Akan tetapi jika Anda sedang ada di luar kota atau di luar rumah ada memerlukan data internet kecepatan tinggi atau setidaknya stabil untuk melakukan pencadangan data dari handphone atau laptop Anda.

Yang menjadi masalah jika file yang anda cadangkan cukup besar maka akan menghabiskan kuota internet di handphone anda dan juga menghabiskan kuota internet di rumah jika tidak unlimited.

Contohnya jika Anda menggunakan Indihome yang dikenakan FUP, Maka ketika Anda sedang melakukan aktivitas pencadangan dari luar rumah akan menghabiskan kuota tersebut. Dan ditambah ketika smart phone anda mengirimkan data dari handphone anda ke WD Mycloud Home juga menghabiskan kuota data internet.

Sering Menyebabkan Crash Finder di Mac OS

Awalnya aku mengira yang menyebabkan Mac saya hang adalah aplikasi Google Chrome. Tapi saya tidak yakin kemudian saya uninstall aplikasi WD Discovery. Sebelum saya menghapus WD Discovery , jika saya membuka akses ke WD Mycloud Home tidak lama kemudian pasti akan Finder akan crash.

Untuk mengatasi hal ini, setiap saya akan mengedit video atau foto saya mengambilnya terlebih dahulu dari aplikasi WD Discovery, kemudian saya kembali segera sign out dari WD Mycloud Home Dan segera menutup WD Discovery.

Ternyata nggak worthed dengan harga semahal itu

Menurut kesimpulan saya jika WD Mycloud Home masih memerlukan data internet tinggi dan kita dibatasi kuota paket data dan cuma bisa akses melalui website https://home.mycloud.com/ sangatlah nggak worthed. Akses share folder LAN tidak bisa diakses melalui https://home.mycloud.com/ dan sebaliknya tidak bisa diakses LAN.

Posting Komentar untuk "Jangan Beli WD My Cloud Home sebelum tau ini"