Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review kecepatan internet telkomsel Orbit Star 2

Halo sahabat di rumah apa kabarnya nih, kali ini aku pengen banget bahas masalah kecepatan internet dari Telkomsel orbit. Orbit ini adalah salah satu bagian dari produk dari simpati Telkomsel. Jadi nomor kartu Telkomsel orbit yang digunakan di modem Telkomsel orbit adalah nomor kartu simpati. Jadi jika kalian menggabungkan dengan layanan aplikasi myTelkomsel kalian bisa mengecek pulsa, QUOTA, dan membeli paket data di aplikasi myTelkomsel juga selain aplikasi orbit.

Saya menggunakan layanan Telkomsel orbit kurang lebih sudah menginjak tiga bulan. Masalah kecepatan selama saya berlangganan Telkomsel orbit tidak ada masalah alias lancar banget. Modem Telkomsel orbit yang saya gunakan adalah tipe orbit star 2.

Spesifikasi Telkomsel Orbit

Ukuran modem orbit star 2

Baiklah sekarang kita mulai bahas satu persatu mengenai Telkomsel orbit ini ya. Pertama mengenai ukuran modem ini ukuran dan desain modem ini itu sangat compact dan masih bisa dibawa kemana-mana lho. Design dari orbit star 2 ini juga memiliki design yang minimalis dan elegan yang sangat cantik menambah keindahan ruangan di atas meja.
Design Telkomsel Orbit Star 2

Jadi kalo dibandingkan ukuran Telkomsel orbit star 2 ini adalah sebesar Telapak tangan orang dewasa kurang lebih nya. Jika diperhatikan Telkomsel orbit ini desainnya mirip mirip ya dengan modem Huawei lainnya, iya benar sekali karena sebenarnya Telkomsel orbit star 2 ini adalah Huawei tipe B312. Jadi kalau masalah kualitas jaringan Huawei jangan di khawatirkan ya pasti memuaskan.

Harga orbit star 2

Harga modem Telkomsel orbit star 2 adalah sebesar 799.000 Rupiah. Harga tersebut adalah harga normal yang ditawarkan sebelum promosi. Jika sedang mengadakan promosi orbit star 2 akan di diskon sebesar 100.000 Rupiah sampai dengan 200.000 Rupiah.

Ketika saya membeli modem ini harganya masih 799.000 Rupiah, akan tetapi ada promosi blibli yaitu harganya 599.000 Rupiah dan bisa dicicil 0%. Karena hanya sekedar coba coba jadi saya mengambil modem ini dengan harga 599.000 Rupiah dengan cicilan 12 sekali yaitu sebesar 49.000 Rupiah per bulan.

Ya kurang lebih jika dibandingkan sama lah ya lengganan kartu pascabayar dari Telkomsel dan gratis modem. Bonus paket data yang dibelikan waktu pertama kali pembelian adalah sebesar 50 GB. 

Teknologi wifi dan maksimal jumlah pengguna

Frekuensi Wifi yang digunakan pada modem ini adalah 2,4 GHz. Dan maksimal jumlah pengguna yang bisa terhubung ke perangkat ini adalah 32 perangkat. Jadi lebih dari cukup untuk dihubungkan ke berbagai perangkat yang ada di rumah seperti smart tv, peralatan elektronik, dan anggota keluarga lainnya. Untuk teknologi jaringan dan jumlah maksimal perangkat yang dapat terhubung sangat lebih dari cukup ya.

Untuk teknologi LTE tingkat kecepatan yang bisa digunakan adalah LTE kategori 4. Dengan LTE kategori empat ini kamu bisa download sekitar 150Mbps maksimal jika jaringan di rumah kamu mendukung. 

Test Kecepatan

 
Peta diatas adalah lokasi di mana saya melakukan pengetesan kecepatan Telkomsel orbit star 2 ini. Hasil pengujian kecepatan mungkin bisa berbeda beda di setiap wilayah atau bahkan jarak setiap meter dari lokasi yang saya gunakan untuk pengujian. 

Jadi hasil berikut adalah tidak mutlak apakah benar di tempat saya paling cepat atau apakah benar di tempat saya paling lambat atau apakah benar di tempat saya paling biasa biasa saja itu tergantung dari lokasi dan kekuatan jaringan di tempat Anda.

Hasil Pengujian Kecepatan Saat Jam Pulang Kantor

Baiklah kita sekarang akan bahas bagaimana hasil kecepatan internet Telkomsel orbit pada saat jam pulang kantor. Seperti screenshoot diatas bahwa Ping yang saya dapat adalah 32ms. Kecepatan download yang bisa saya dapatkan maksimal adalah 7,31 Mbps. Jika dibandingkan dengan Indihome paket yang 10 Mbps tentu kecepatan ini sudah lebih dari cukup untuk streaming video HD di YouTube ataupun Netflix.

Kecepatan ini lebih dari cukup untuk mengakses kegiatan sehari-hari seperti akses sosial media, perpesanan seperti WhatsApp atau line, dan browshing internet. Kecepatan segini juga masih sangat baik jika dibagi bagi dengan anggota keluarga di rumah sahabat pastinya. Jadi akses Telkomsel orbit di siang hari tidak akan menjadi masalah di rumah Anda. 

Kecepatan unggah yang saya dapat ketika pengujian ini saya lakukan adalah 26,3 Mbps. Kecepatan yang cukup besar karena saya tidak akan mendapatkannya jika berlangganan dengan Indihome. Iya karena dengan Indihome kita hanya akan mendapatkan kecepatan 1:1. Jadi kecepatan upload sebesar ini sangat menguntungkan jika Anda sering mengunggah konten untuk backup file, ataupun untuk upload video YouTube, Instagram, ataupun kegiatan aplod apapun yang anda perlukan untuk website.

Hasil Pengujian Jam 1 Pagi

Yang berikutnya adalah hasil pengujian pada 01.00 malam. Nah ini nih kecepatan internet yang saya dapatkan ketika mengakses Telkomsel orbit pada 01.00 malam. Kecepatan internet yang saya dapatkan adalah 25,5 Mbps. Kecepatan ini pastinya lebih dari cukup dong untuk internet di rumah aja dan jika dibandingkan dengan paket yang sejenis dengan kecepatan tersebut kurang lebih harga langgananya adalah 500.000 Rupiah Perbulan. Tapi jika area anda di jangkau oleh kompetitor yang memasang harga 360,000 Perbulan dengan kecepatan 50 Mbps tentu ini jauh ya dibawahnya.

Tentu saja dengan kecepatan tersebut anda bebas melakukan apapun yang penting kuota data yang dimiliki mencukupi untuk akses YouTube, Netflix, apapun aplikasi yang ingin Anda gunakan. Harap diperhatikan ya bahwa dengan kecepatan tersebut kuota data Telkomsel orbit anda akan cepat sekali habis. Pada pembahasan selanjutnya saya akan membagi kan tips bagaimana menghemat kuota data untuk streaming Netflix atau YouTube di smart tv menggunakan Telkomsel orbit.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat ya jika ada salah kata atau kekurangan mohon maaf dan silahkan perbaiki dikolom komentar ya terima kasih.



Posting Komentar untuk "Review kecepatan internet telkomsel Orbit Star 2"