VIU Tidak Ada Pengaturan Devices, Banned Layanan Tingkat Perangkat

Sebenarnya, tidak bisa mengakses VIU bukanlah masalah buat saya tapi saya hanya ingin menyampaikan review penggunaan OTT – VIU yang cukup unik. Banned pengguna pada tingkat perangkat

Rumahbudi
Layanan OTT-VIU

Pada tanggal 19 April 2020, saya mendapati linimasa di Instagram rame banget membicarakan Drama Korea The World Of Married dan bisa saya saksikan di OTT – VIU. Saya kurang tertarik pada aplikasi ini, tapi karena biaya langganan yang cukup murah yaitu Rp. 30,000 untuk 2 bulan, saya pun memutuskan untuk membelinya dan mengabaikan gratis akses 30 hari dari VIU.

Pada kali pertama saya menjalankan VIU melalui aplikasi Android TV dan harus login melalui website viu.com. Akhirnya saya lgin menggunakan browser HP yang otomatis menjadi perangkat pertama saya menggunakan VIU + Android TV menjadi perangkat ke-2. Ini terjadi pada 1 waktu pastinya karena setelah login diwebsite langsung pairing ke TV.

Perangkat ke-3 Login menggunakan aplikasi VIU diperangkat iOS yaitu iPhone saya dilanjutkan perangkat ke-5 HP Android saya. Dan dilanjutkan ke Perangkat ke-6 Menggunakan iPadOS. Saya pun sesekali membukanya menggunakan Google Chrome dan Safari Browser. Total sekarang sudah 8 jenis login berbeda.

Dan saya juga login lagi Pairing dengan Samsung Smart TV dan Mi Box s 4K total 10 tipe login yang berbeda. Dan terakhir saya login kembali melalui Google Chrome yang habis di Clear Cache masih bisa menonton Drama The World Of The Married Episode 14.

Pada episode 15 saya ingin menontonya lewat televisi dan mendapati TV Samsung saya dibanned oleh VIU, ya bannednya tingkat perangkat, ini lucu sekali. Karena saya tidak menemukan pengaturan apapun di aplikasi TV bahkan menu logout. Tapi saya masih bisa menikmati layanan premium lewat aplikasi HP yang sudah diinstall VIU sebelumnya, tapi saya kurang suka menonton acara yang cukup lama pakai HP karena berasa pegal kalau dipegang terus dan jika diletakan diatas meja atau tempat lain saya merasa kurang nyaman.

Pada episode 15 tersebut, saya masih bisa menggunakan akun saya di Browser tapi statusnya downgrade jadi Premium With ADS. Tipe langganan ini sangat menyebalkan karena harus menyaksikan iklan yang cukup berat renderingnya dan sangat menganggu ketika sedang menonton.

Karena saya penasaran, saya pun mencoba mengecek status login VIU saya di 2 perangkat Smart TV lainya, ternyata benar 2 Smart TV lainya juga tidak luput kena banned sama VIU, dan masalahnya sama banned tingkat perangkat, sudah tidak bisa login dengan cara apapun bahkan ganti ID VIU.

Banned Tingkat Perangkat oleh VIU

Kesimpulanya, jika saya ingin menjadi pelanggan setia VIU, saya harus login pada perangkat yang tidak begitu banyak, karena sangat repot untuk membuka blockir. Menghubungi layanan pelanggan VIU tidak lah cepat, responya cukup lambat jadi solusi dipecahkan cukup memakan waktu. Jadi saya memilih untuk tidak berlangganan VIU lagi dan hanya memberitahukan masalah ini kepada VIU. Mungkin bagi mereka tidak masalah, karena VIU sudah cukup lama hadir, jadi kehilangan satu pelanggan seperti saya tentu tidak akan pengaruh karena saya juga bukan penggemar drama korea yang banyak disajikan VIU.

Punya pengalaman berlangganan OTT-VIU? Jangan lupa sharing di kolom komentar ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: