Mencari Paket Internet Paling Murah Untuk Dirumah

Sebenarnya saya sudah berlangganan internet bulanan dengan GIG dari Indosat Ooredoo dengan kecepatan 20Mbps dan harga layanan sekitar Rp. 250,000 per-bulan. Tapi entah mengapa saya merasa ini kurang puas karena saya sering meninggalkan rumah dan jarang memakainya. Jadi saya merasa sayang.

Tapi jika saya menghentikan layanan tersebut, Smart TV saya tidak bisa dgunakan sama sekali karena memerlukan internet kecepatan minimal 5Mbps agar bisa beroperasi dengan baik. Saya berpikir untuk menghentikan layanan dan menggantikan dengan Mobile Internet dari operator seperti Indosat, Telkomsel, XL, ataupun yang lainya.

Mobile Internet untuk dirumh aja…

Saya selalu melakukan streaming pada layanan Netflix pada kualitas gambar HD, yang membutuhkan transmisi data yang cukup besar. seperti data berikut:

Netflix menawarkan empat pengaturan penggunaan data yang dapat dipilih:

  • Rendah – 0,3 GB per jam per perangkat
  • Sedang – SD: 0,7 GB per jam per perangkat
  • Tinggi – Kualitas video terbaik, hingga 3 GB per jam per perangkat untuk HD, dan 7 GB per jam per perangkat untuk Ultra HD
  • Otomatis – Menyesuaikan secara otomatis untuk menghadirkan kualitas terbaik, berdasarkan kecepatan koneksi Internet saat ini.

Pada waktu suntuk saya menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan netflix dengan tayangan HD/HDR. Jika saya ada didepan TV paling tidak 3 jam sehari, saya akan menghabiskan data internet sekitar 9GB/hari x 30 = 270GB perbulan.

Ini baru konsumsi data untuk tayangan OTT, belum untuk keperluan HP dan perangkat lainya, yang kalau dijumlahkan sektar 280-300GB/bulan.

Oke mari saya hitung layanan data termurah untuk harga 300GB/bulan.

  • Telkomsel
Harga paket data untuk 50GB telkomsel adalah Rp. 191.000,-

Kesimpulanya, telkomsel tidak akan memenuhi kebutuhan saya untuk menggunakan internet dirumah dan bahkan akan menjadi lebih boros karena saya harus membeli paket data lagi jika kehabisan.

  • XL Axiata
Harga paket data untuk 35GB XL adalah Rp. 239.000,-

Kesimpulanya XL tidak lebih baik dari telkomsel, jadi tidak perlu diragukan lagi untuk tidak menggunakanya sama sekali, harganya sudah menyentuh harga internet rumah dengan kuota tidak terbatas.

  • Indosat Ooredoo
Harga paket data untuk 25GB Indosat Ooredoo adalah Rp. 100.000,-

Kenapa saya mengambil harga paket serendah ini? Karena ini adalah harga termurah untuk paket data dari Indoesat tanpa syarat apapun. Jika dikalikan 2, kuota dan harga yang ditawarkan kurang lebih sama dengan Telkomsel dan XL.

  • Tri
Harga paket data untuk 25GB Tri adalah Rp. 150.000,-

Mengapa saya tidak menghitung kuota weekend yang 55GB? Karena saya benar-benar dirumah untuk sepanjang hari jika tidak ada kegiatan dan pekerjaan yang mengharuskan keluar kota. Jadi ini adalah paket yang setara dengan penawaran 3 operator sebelumnya.

  • AXIS
Harga paket data untuk 3GB Axis adalah Rp. 2,990- untuk 6 Jam!

Saya udah ada gambaran, akan menggunakan paket dari provider yang mana untuk internetan dirumah, ya AXIS Paket Warnet! Harganya murah banget! 1GB/Jam hanya mulai dari 490perak!

  • Smartfren
Harga paket data untuk 40GB Smartfren adalah Rp. 200.000- untuk 6 Jam!

Kenapa saya tidak pernah menyebutkan kuota malam ataupun kuota lokal? Karena ini hanya gimmick yang enggak bisa dipakai setiap saat, bahkan terkadang kuota tersebut sering terbuang sia-sia tidak terpakai karena diberikan bukan pada jam orang-orang berkegiatan di internet. Kesimpulanya, biaya langganan data Smartfren tidak mencukupi kebutuhan untuk internetan dirumah.

Nah, sebenernya masih banyak produk turunan operator seluler di Indonesia seperti by.u, LiveOn, Swicth, dan MyOrbit. Tapi data yang ditawarkan masih belum maksimal, karena masih tahap perkenalan.

Kesimpulanya, saya akan tertarik menggunakan internet dirumah menggunakan kartu AXIS, kartu ini menawarkan harga paket yang sangat murah sesuai kebutuhan, dan sangat cocok untuk streaming di SmartTV yang memakan kuota begitu banyak setiap jamnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: