Memutuskan Berhenti Berlangganan GIG Indosat Ooredoo

Hari ini setelah saya melakukan beberapa uji coba layanan data operator seluler akhirnya saya menemukan 2 paket eceran layanan internet yang paling pas untuk dipake dirumah tapi juga bisa untuk kebutuhan kerja.

Setelah saya perhatikan pemakaian internet saya tidaklah begitu melimpah dan tidak memerlukan banyak kuota, bahkan kadang 10GB untuk smartphone tidak pernah habis.

Permasalahan timbul jika saya berhenti layanan GIG Indosat Ooredoo saya tidak akan bisa lagi menikmati streaming youtube sepuasnya dan OTT-VOD kesayangan Netflix.

Logo GIG Indosat Ooredoo

Setelah melakukan beberapa percobaan, akhirnya saya menemukan paket eceran dari operator XL Axiata, Axis dan XL sendiri.

Jadi dengan Axis saya bisa membeli kuota nonton 2GB hanya Rp. 1.500,- untuk seharian. 2GB bisa saya gunakan untuk menonton Netflix kurang lebih 1-1,5 Jam, cukup lumayan, karena saya tidak pernah menonton Netflix atau TV lebih dari 5 Jam.

Keuntungan dari system ini adalah saya bisa membeli quota nonton lagi kalau masih mau menonton, paling banyak sehari paling habis 5-10GB. Jadi keperluan nonton saya hanya perlu biaya Rp. 4,500/hari.

Jika dikalikan 30 Hari saya hanya perlu maksimal menghabiskab Rp. 120.000-/bulan. Itu jika saya menonton tiap hari. Pada prakteknya saya tidak tiap hari nonton TV.

Jadi saya hanya perlu membeli Axis Bronet Rp. 25.000/bulan + Paket Nonton Rp. 120.000,-/bulan ( estimasi ) Maksimal saya habis untuk SmartTV dan Smarthome hanya Rp. 150.000,-/bulan.

Lalu, data penggunaan handphone dan laptop bagaimana? Penggunaan handphone saya cukup menggunakan layanan XL Prioritas Rp. 100.000/bulan untuk 12GB dan tidak pernah habis dalam sebulan.

Jika saya menggunakan laptop untuk upload youtube yang cukup besar, saya bisa membeli Quota Youtube atau Quota Warnet dari Axis hanya Rp. 2.990,-/6 Jam dan hanya Rp. 1.890,-/3 Jam untuk kuota 3GB

Upload video atau download video tidak pernah lebih besar dari kuota warnet tersebut jadi saya rasa cukup.

Untuk keperluan update perangkat lunak windows ataupaun smartphone juga bisa menggunakan paket warnet ini mulai dari Rp. 490,- murah kan?

Jadi setelah perhitungan yang cukup matang tersebut saya akhirnya memutuskan layanan GIG Indosat Ooredoo.

Sebenernya saya merasa sangat sayang, karena paket yang saya dapatkan adalah paket promo yang cukup murah! Hanya Rp. 245.000,-/bulan termasuk pajak dan sewa modem ONT.

Tapi sekali lagi, saya merasa sangat sayang karena jarang digunakan. Perlu diketahui harga normal paket yang saya gunakan saat ini adalah Rp. 311.000,-/bulan kecepatan 20Mps true unlimited.

Tapi setelah saya pertimbangkan lebih dalam, saya tidak memerlukan kuota dan kecepatan sebanyak itu, dan saya pikir merupakan salah satu pemborosan dan akhirnya dengan sangat berat hati saya memutuskan internet yang paling murah dilokasi saya tinggal tersebut, karena provider lain mematok lebih mahal.

Mudah-mudahan saya tidak menyesal kedepanya setelah memutuskan langganan dengan GIG Indosat Ooredoo dan terimakasih Indosat telah menemani saya selama ini dengan pelayanan internet yang cukup baik ditempat saya, hampir tidak ada keluhan berarti yang artinya GIG Indosat benar-benar memberikan pelayanan terbaiknya.

One comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: