Mobile BCA Error Verifikasi Ulang Terus

Awalnya aku kira Mobile BCA di hpku hanya error sementara. Kejadian bermula sekitar tanggal 23 Juni 2020. Aku kira ini hal biasa tapi kok lama-lama merasa aneh. Setiap transaksi harus melakukan verifikasi ulang. Masalah ini aku alami menggunakan Samsung seri SM-985F/DS.

S0400S adalah biaya sms ke 6888 BCA Rp. 400 Rupiah sekali kirim pesan verifikasi.
S0400S adalah biaya sms ke 6888 BCA Rp. 400 Rupiah sekali kirim pesan verifikasi.

Dari riwayat SMS yang aku dapat dari billing tagihan pascabayar, melakukan SMS Verifikasi untuk mobile BCA sudah 11 Kali selama bulan Juni 2020.

Sudah hampir 11 Kali aku selalu melakukan verifikasi ulang Mobile BCA
Sudah hampir 11 Kali aku selalu melakukan verifikasi ulang Mobile BCA

Setelah aku sampaikan keluhan melalui twitter, hanya disuruh melakukan verifikasi ulang terus menerus. Siapapun CS yang menjawabnya ditwitter jawabanya sama template nya suruh verifikasi ulang lagi dan lagi. Seperti screenshoot berikut jawabanya:

Jawaban Customer Services BCA Via Twitter @HaloBCA
Jawaban Customer Services BCA Via Twitter @HaloBCA

Salah satu CS halo BCA Dodo menyarankan untuk menghubungi 1500888, siang hari tanggal 5 Juli 2020 mencoba menanyakan hal tersebut. Katanya hal tersebut memang lumrah, karena tidak logout aplikasi mobile BCA untuk terakhir kali. Jadi harus melakukan verifikasi ulang.

Kata CS tersebut demi keamanan nasabah. Baiklah keamanan nasabah, apa tidak dipertimbangkan juga faktor ketidaknyamanan nasabah?

Dampak Mobile BCA Error

Berikut hal tidak nyaman yang aku alami saat mengalami Mobile BCA Error :

  1. Menghabiskan pulsa, karena biaya SMS ke 68888 dikenakan biaya Rp. 400,-/sms belum termasuk pajak. Jika dikalikan 11 x Rp. 440 maka sebulan harus habis pulsa Rp. 4.840,- hanya untuk verifikasi ulang. Baik ini tidak masalah mungkin dipandang kecil juga sama BCA, tapikan lumayan buat ngurangin administrasi biaya tabungan kan?
  2. Ketika mau transfer ini sangat mengganggu. Apalagi kaitanya berhubungan dengan time limit yang biasanya ada saat pembelian tiket bioskop ataupun e-commerce lainya. Kenapa sangat mengganggu? Karena harus repot lagi ngeluarin kartu ATM, sms verifikasi dan biaya.
  3. Ketika mau isi saldo E-Money sangat mengganggu. Dimana ketika dikejar untuk membayar jasa ojek online, tidak bisa buru-buru. Karena harus top-up saldo lewat Mobile BCA. Jadi hal ini sangat membuang waktu. Aku memang jarang pegang uang cash, jadi ini cukup bermasalah bagiku.
  4. Transaksi QR Code terhambat. Hal ini dilakukan kerena memang pengeluaran cash aku minimalkan sekecil mungkin. Bahkan jika perlu tidak usah mengisi saldo uang elektronik.

Kenapa tidak seperti Bank Lain?

BCA dimataku adalah bank yang terbesar dan terpercaya. Dari solusi yang diberikan CS sebenernya agak kurang puas karena masalah masih terus berulang. Jika dibandingkan Mobile Banking Bank A, Bank B, dan Bank C ketiga bank tersebut sangat simple. Jika nasabah lupa logout aplikasi, mereka akan logout sendiri setelah beberapa menit.

Bukanya BCA juga? Iya, tapi ada tapinya. Karena tidak dilogout aku harus verifikasi ulang. Ini berdasarkan saran dari CS yang diberikan via telepon.

Namun bank lain tidak seperti itu. Mereka mengamankan nasabahnya secara otomatis. Bahkan masuk aplikasi juga dipermudah hanya menggunakan sidik jari ataupun facelock.

Solusinya apa?

Aku juga bukan nasabah yang begitu loyal dengan BCA, cuma kadang aku menerima transaksi via Bank BCA. Jadi aku menggunakan rekening BCA untuk keseharian biar praktis. Tapi karena aplikasi Mobile BCA yang selalu error, solusi saat ini yang harus aku lakukan adalah membagi saldo ke beberapa bank lain.

Untuk transaksi bebas biaya ke Bank BCA paling tidak harus menggunakan aplikasi DANA atau Bank yang memberikan kuota transaksi gratis. Karena hal tersebut tidak dilakukan secara rutin jadi tidak akan masalah.

Sebenarnya Mobile BCA tidak ada masalah di HP lain sebelumnya yang aku pake, iPhone. Tapi karena hanya menggunakan 1 hp untuk kebutuhan sehari-hari sangat tidak efektif harus menggunakan 2 HP.

Demikian unek-unek saat bermasalah menggunakan aplikasi Mobile BCA dan error. Mudah-mudahan update aplikasi selanjutnya tidak bermasalah lagi.

Hingga tulisan ini dibuat, belum verifikasi ulang lagi. Untuk transfer sementara memanfaatkan aplikasi DANA yang terhubung BCA OneClick. Tapi limitnya cuma 1 juta perhari. Jika ada kesalah pahaman mohon maaf.

4 comments

    1. Kalau sekarang aku harus menggunakan e-sim atau kartu selain smartfren sih, jadi aku ga tau kenapa smartfren merubah konfigurasi data sim saya,

      ini masalah bug dari sisi HP, kartu smartfren, atau Developer yang tidak memperbaiki bug saya jadi bingung sendiri

      Yang menjadi fokus adalah, Bank lain enggak perlu gitu2an untuk keamanan nasabahnya, apalagi jenius yang bisa lebih dari 1 HP

  1. Betul bro. Saya juga mengalami hal serupa terus menerus. Kesel lama2 sama BCA. Mana CS ga membantu sama sekali…

    1. Saat ini mau enggak mau saya mengorbankan keperluan nomor 1 nya di HP lain sih mas. Terpaksa S20 saya gunakan 1 sim biar gak error. Entah kenapa slot sim 2 dipasang kartu mobile BCA error terus

      Padahal tingkat keamanan bank lain bisa menggunakan sidik jari dan pemberitahuan login secara realtime menggunakan OTP yang dikirim gratis, lah ini BCA harus kirim sms premium number, padahal bisa saja sms disalah gunakan orang lain

Leave a Reply

%d bloggers like this: