Review Indosat GIG Buat Internet di Rumah

Selama dirumah aja, Internet menjadi salah satu kebutuhan penting. Sudah setahun lebih berlangganan Indosat GIG Ooredoo. Selama berlangganan tidak ada masalah komplain yang begitu berarti untuk wilayah pelayanan ditempatku. Jaringan cukup terpelihara, karena semua provider menggunakan jalur optik milik kontraktor.

Jadi kabel optik dijaga oleh sang pemilik gedung. Yang menjadi tidak nyaman hanya extra biaya saat berlangganan dimuka. Yaitu diwajibkan membayar Rp. 300.000,- kepada pengelola gedung untuk membuka jalur kabel.

Tapi itu tidak masalah, karena cukup dibayarkan sekali saja. Dan biaya pemasangan GIG by Indosat Ooredoo adalah gratis. Jadi boleh dibilang bisa menggantikan biaya pemasangan kabel internet.

Review Kecepatan Internet GIG Indosat Ooredoo
Review Kecepatan Internet GIG Indosat Ooredoo

Disclaimer : Hasil uji coba kecepatan menggunakan paket berlangganan GIG by Indosat Ooredoo kecepatan 20Mbps. Hasil bisa berbeda-beda tergantung wilayah operasi pelanggan, kepadatan pengguna, dan perangkat keras yang digunakan. Wilayah operasional saat uji coba adalah JL. Pramuka – Rawamangun, Jakarta Timur

Review Kecepatan GIG Indosat

Server Indonesia

Aku melakukan beberapa lokasi test kecepatan GIG by Indosat Ooredoo dibeberapa kota besar di Indonesia. Hasilnya bervariasi. Berikut adalah hasil uji coba kecepatan internet GIG by Insosat Ooredoo:

Test Kecepatan Server Kota Medan

Hasil Uji Coba Kecepatan Server PT Telkom Kota Medan
Hasil Uji Coba Kecepatan Server PT Telkom Kota Medan

Dari hasil uji coba menggunakan internet GIG Indosat, mendapat kecepatan unduh 18,34 Mbps dan ping 31ms. Akurasi kecepatan unduh adalah 91.7% dari kecepatan yang dijanjikan 20Mbps. Sedangkan kecepatan unggah adalah 14.65Mbps. Akurasinya sebesar 73.25%. Uji coba kecepatan tersebut masih sangat fair dan masuk akal. Jadi koneksi yang dijanjikan mendekati nilai yang sudah dijanjikan yakni 20Mbps.

Test Kecepatan Server Kota Palembang

Hasil Uji Coba Kecepatan Server 3 Kota Palembang
Hasil Uji Coba Kecepatan Server 3 Kota Palembang

Dengan PING 21ms server 3 Palembang kecepatan unduh yang didapatkan adalah 14,15 Mbps. Akurasi dari hasil unduh adalah 72.75%. Sedangkan kecepatan unggah hanya sanggup di 1,19 Mbps. Akurasi yang didapatkan hanya 5.95%. Hal ini bisa terjadi mungkin karena server 3 di Palembang jaringanya sedang penuh atau memang ada faktor lain. Apakah kecepatn tersebut masih wajar? Tentu iya karena tidak masalah jika diujikan dengan kota lainya.

Test Kecepatan Server Jakarta

Hasil Uji Coba Kecepatan Server CBN Jakarta
Hasil Uji Coba Kecepatan Server CBN Jakarta

Untuk server jakarta mendapatkan PING 6ms, hal ini wajar karena lokasi server dekat. Dan kecepatan unduh yang didapatkan adalah 19.97 Mbps. Akurasinya 99.85% dari kecepatan yang dijanjikan yaitu 20 Mbps. Dan kecepatan unggah yang didapatkan hingga 18.64 Mbps. Akurasinya 93.2 % dari kecepatan yang ditawarkan. Hasilnya untuk server sesama jakarta memang memuaskan. Tapi ingat kebutuhan akses internet selain untuk koneksi IIX juga koneksi internasional.

Test Kecepatan Server Yogyakarta

Hasil Uji Coba Kecepatan Server UGM Yogyakarta
Hasil Uji Coba Kecepatan Server UGM Yogyakarta

Kali ini uji coba dilakukan di server pendidikan UGM, PING yang didapatkan 15 ms. Dan kecepatan unduh yang didapatkan adalah 20.01 Mbps. Akurasinya sudah mencapai 100% dari kecepataan yang ditawarkan yaitu 20 Mbps. Kemudian untuk kecepatan unggah adalah 19.25%, akurasinya 96.25 % dari kecepatan yang ditawarkan 20 Mbps.

Test Kecepatan Server Jayapura

Hasil Uji Coba Kecepatan Server Telkom Jayapura
Hasil Uji Coba Kecepatan Server Telkom Jayapura

Terakhir untuk server Indonesia saya pilih server Telkom Jayapura. Ping yang didapatkan adalah 68 ms. Hasil kecepatan unduh yang didapatkan 17.26 Mbps dan kecepatan unggah yang didapatkan adalah 19.98 Mbps. Akurasi kecepatan unduh 86.3% dan kecepatan unggah 99.99%. Hasil yang cukup bagus untuk akses wilayah paling timur Indonesia tentunya.

Server Internasional

Selanjutnya uji coba server luar negeri akan aku coba 1 kota dimasing-masing benua. Kota tersebut adalah Hong Kong, London, New York, Sydney, dan Cape Town.

Test Kecepatan Server Hong Kong – Asia

Hasil Test Kecepatan Server Hong Kong
Hasil Test Kecepatan Server Hong Kong

Dari hasil test kecepatan server Hong Kong GIG Indosat Ooredoo bisa mendapat kecepatan unduh 7.98 Mbps dan Upload 6.83 Mbps. Hasilnya memang jauh dibawah kecepatan yang ditawarkan. Namun kecepatan tersebut masih sangat fair karena masih bisa download dan streaming tanpa hambatan.

Test Kecepatan Server London – Eropa

Hasil Test Kecepatan Server London
Hasil Test Kecepatan Server London

Kemudian untuk hasil test kecepatan serve di Eropa, lebih tepatnya kota London, Indosat GIG agak kurang hasilnya. Hasil yang didapatkan hanya 2,86 Mbps kecepatan unduh dan 5,52 Mbps kecepatan unggah. Kecepatan ini masih lebih dari cukup untuk akses konten website, download, dan video streaming yang berada di server Eropa. Biasayana penyedia layanan punya akses CDN, siapapun yang mengakses website atau konten mereka akan dilayanai menggunakan server terdekat. Artinya ini tidak akan masalah.

Test Kecepatan Server New York – Amerika

Hasil Test Kecepatan Server New York
Hasil Test Kecepatan Server New York

Untuk test berikutnya yang dilakukan adalah server New York. Hasil yang didapatkan cukup lumayan yaitu 10,93 Mbps kecepatan unduh dan 18,53 Mbps kecepatan unggah. Beberapa raksasa perusahaan internet meamng ada di Amerika. Jadi akses kesana menggunakan Indosat GIG tidak masalah. Dan biasanya memang mereka menaruh konten di server CDN yang bisa diakses dengan cepat dari negara manapun.

Test Kecepatan Server Sydney – Australia

Hasil Test Kecepatan Server Sydney
Hasil Test Kecepatan Server Sydney

Boleh dibilang Sydney ada dekat dengan Indonesia. Tapi pada kenyataanya jarak keduanya memang sangat jauh. Sehingga PING yang didapat juga sangat besar 311 ms. Hasil kecepatan internet yang didapat bisa mengunduh hingga 13,86 Mbps. Kecepatan unggah hanya mencapai 3,53 Mbps.

Test Kecepatan Server Cape Town – Afrika

Hasil Test Kecepatan Server Cape Town
Hasil Test Kecepatan Server Cape Town

Dan yang terakhur adalah server Cape Town – Afrika Selatan. Kecepatan akses ke server tersebut cukup lumayan yaitu 8.30 Mbps unduh dan 6,58 Mbps unggah. Untuk kecepatan ini sudah lebih dari cukup. Mengingat kita juga jarang mengakses web atau download dari server negara tersebut. Untuk kebutuhan komunikasi akan tetap lancar.

Kesimpulan

Kesimpulanya, Indosat GIG Memberikan kecepatn sesuai yang dijanjikan hingga 100%. Setiap lokasi kota, wilayah bahkan negara mempengaruhi hasil kecepatan internet. Pada dasarnya saat ini penyedia layanan website atau content memiliki layanan Content Delivery Network. Dimana mereka menaruh file terdekat di server tempat kita tinggal. Sebagian besar memang di Singapura. Tapi ada juga yang sudah mulai mengoperasikanya dengan menaruh file di Jakarta. Jadi akses internet dengan GIG Indosat Ooredoo akan tetap berjalan lancar dan memenuhi pelayanan yang dijanjikan. Sebelumnya pernah sempat membatalkan layanan GIG Indosat Oooredo tapi tidak jadi, karena paling murah dan stabil dilokasiku.

Leave a Reply

%d bloggers like this: