Error 247 Permata Mobile X? Kenapa Yah? Begini Cara Mengatasinya

By Budi, 22 May, 2022
Error Permata Bank

Selamat datang di Rumah Budi, kali ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman saya mengenai permasalahan error 247 pada aplikasi Permata Mobile-X. Berdasarkan pengalaman yang saya alami pastinya. Perlu diketahui ini hanya sekedar pengalaman pribadi, dimana pengalaman dari pengguna lain mungkin bisa berbeda.

Tentang Permata Bank

PermataBank adalah anak usaha Bangkok Bank yang ada di Indonesia. Permata Bank memiliki banyak kantor cabang di Indonesia, dengan jumlah 301 kantor cabang. Jadi untuk kualitas pelayanan nasabah tidak usah diragukan lagi karena bisa didatangi langsung ke cabang terdekat di Kota Anda. Selain itu Permata Bank memiliki kurang lebih 925 ATM yang tersebar di 62 Kota atau Kabupaten di Indonesia.

Mengapa PermataBank?

Apa alasan saya membuka PermataBank?

  1. PermataBank memiliki banyak kantor cabang di Indonesia, yaitu kurang lebih 301 Kantor Cabang di Seluruh Indonesia jadi jika ada masalah yang tidak bisa di selesaikan melalui telepon atau sosial media PermataBank bisa langsung mengunjungi kantor cabang terdekat.
  2. Jaringan ATM PermataBank cukup luas, yaitu tersebar di 925 ATM di 62 Kota/Kabupaten di Seluruh Indonesia dimana sudah menjangkau kampung halaman saya di Cilacap - Jawa Tengah. Hal ini bisa mengurangi biaya administrasi saat mengambil uang di ATM tentunya.
  3. Kerjasama yang luas untuk pembayaran Virtual Akun PermataBank. Hampir semua e-commerce memiliki fasilitas pembayaran Virtual Akun PermataBank.
  4. 1 layanan dalam 1 aplikasi Permata Mobile X, disini saya akan bahas permsalahan saya yang ada di kelebihan aplikasi Permata Mobile X yaitu Error 247 yang cukup membingungkan
  5. Gratis biaya administrasi bulanan dan transfer antar bank hingga 25 Kali menggunakan aplikasi Permata Mobile X khusus rekening tabungan Permata Me dengan saldo rata-rata selama 1 bulan adalah Rp. 1 Juta.
  6. Sebagai rekening pencairan RDN jika kamu memiliki rekening dana nasabah dari PermataBank untuk bebas biaya withdrawal.

Nah itu adalah beberapa alasan saya mengapa membuka rekening tabungan Permata Me dari PermataBank, kira-kira apa sih alasan teman-teman di rumah memutuskan membuka rekening PermataBank?

Membuka Rekening PermataMe

Untuk panduan membuka rekening PermataMe dari PermataBank, teman-teman dirumah bisa membuka link ini : PermataMe adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki KTP untuk Warga Negara Indonesia
  2. Download Permata Mobile X di Google Play untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone
  3. Isi semua formulir yang disediakan diaplikasi
  4. Minimum umur saat pembukaan rekening adalah 17 tahun

Setelah semua data diisi dengan baik, proses pembukaan rekening hanya memerlukan waktu hitungan menit, bahkan dalam beberapa detik sudah mendapatkan konfirmasi kalau sudah berhasil membuka rekening di PermataMe dari PermataBank

Error Code 247 Permata Mobile X

Error 247 Permata Bank
Gambar Tampilan Error 247 Permata Mobile X

 

Sebagai pengguna baru Permata Mobile X, saya kurang mengerti dan tidak paham error yang ditampilkan tidak banyak dialami banyak pengguna PermataBank, dan merasa saya sendirilah yang merasakan error tersebut, karena belum ada artikel, vlog , komplain di twitter yang mempermasalahkan hal tersebut sama sekali. Ada satu twitt yang menanyakan hal tersebut tapi sudah lama sekali dan hanya 1 twitt saja. Jadi saya pikir hal tersebut sangat jarang terjadi dan kebetulan timbul pada akun Permata Mobile X saya.

Berdasarkan informasi pada pesan error, saya pun disarankan menghubungi PermataTel 1500-111 dan mendapatkan arahan untuk menunggu di cek dan ditindaklanjuti oleh pihak terkait yang lamanya 2x24 hari kerja tidak termasuk hari libur dan libur hari raya.

Kebetulan saya menelpon PermataTel pada hari kamis malam sebelum cuti bersama berlangsung pada hari Jum'at berikutnya. Yang artinya laporan saya baru akan diproses sepenuhnya pada hari Senin 9 Mei 2022.

Selama masa error tersebut saya tidak dapat melakukan transaksi apapun menggunakan Permata Mobile X, hanya bisa menggunakan permatanet.com dan transaksi melalui atm.

Untuk akses permatanet.com bisa melakukan cek saldo dan transfer, tapi dibebankan biaya transaksi berupa kode OTP setiap kali sms premium dari Permata Bank masuk sekitar 500-1000 rupiah per-SMS tergantung Provider

Penyebab Error

Secara pasti saya tidak tahu penyebab permasalahan tersebut, karena Bank tidak akan pernah menginformasikan apa yang sebenarnya terjadi karena terkait dengan masalah keamanan Bank. Akan tetapi ada 3 hal yang saya lakukan sebelum error tersebut terjadi yaitu:

  1. Ditawari telemarketing untuk aplikasi kartu kredit PermataBank yang menyarankan saya untuk menahan saldo minimal 1 juta rupiah pada saat pengajuan. Hal ini mungkin bukan penyebab utama masalah tersebut, karena petugas bank bagian kartu kredit tidak ada hak akses untuk perbankan.
  2. Lupa USER ID dan belum punya kartu ATM PermataME. Setelah saya mendapatkan arahan untuk menahan saldo Rp. 1 Juta, saya transfer ke rekening PermataMe dan saya baru ingat aplikasi PermataMe sudah di uninstall karena jarang dipakai. Akhirnya saya mengurus ATM baru dan USER ID ke kantor cabang permata bank terdekat dan bisa digunakan kembali akun Permata Mobile X saya.
  3. Mendaftar RDN PermataBank di salah satu sekuritas. Sebelum saya mendaftar akun PermataBank RDN masih bisa akses Permata Mobile X tanpa gangguan dan lancar. Tapi ketika rekening RDN saya terbentuk timbulan pesan Error 247 tersebut. Saya hanya berasumsi bahwa inilah awal penyebab error  tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan karena hal lain.

Error Selama 2 Minggu lebih

Setelah sekian lama menunggu, masalah tidak kunjung teratasi. Saya mendapatkan e-mail  dan balasan twitter yang isinya menyarankan saya untuk bertransaksi melalui ATM dan datang langsung melalui cabang.

Error 247 Permata Bank

 

Sebenarnya saya kurang puas mendapatkan jawaban tersebut. Tapi karena ini bukan rekening utama, jadi saya sudahi saja masalah komplain tersebut dan menggunakan aplikasi Mobile Banking dari bank lain untuk bertransaksi.

Sebenarnya saya merasa sayang karena tidak dapat memanfaatkan fitur transfer virtual akun dan penggunaan RDN Permata Bank saya menjadi tidak maksimal.

Dan saya juga tidak bisa membeli reksadana di aplikasi Permata Mobile X karena sebagian besar saya menaruh uang pada reksadana agar tidak banyak termakan biaya administrasi bank dan uangnya berkembang.

Memutuskan Menutup Rekening

Atas pertimbangan tidak berfungsi dengan baiknya layanan Permata Mobile X akhirnya saya memutuskan untuk menutup rekening PermataMe dan hanya menggunakan rekening RDN. Tentu saya tidak bisa menggunakan setor tarik seenaknya dengan rekening RDN ini. Karena tujuanya untuk menabung jangka panjang dan mengamankan dana, jadi tidak masalah. Tidak bisa ditarik lebih baik. Dan enaknya rekening RDN adalah bebas biaya tapi mendapatkan bunga. Tapi ingat rekening tidak bisa di tarik setiap saat karena saya tidak mendaftarkan rekening lain dan akan daftar permata lagi kalau perlu untuk pencairan rencananya.

Untuk memulai proses penutupan saya mengirimkan pesan terakhir ke layanan pelanggan PermataCare via twitter dan menginformasikan jika tidak teratasi saya mau tutup saja rekeningnya.

DM Twitter

Ini adalah usaha terakhir saya bertahan menggunakan PermataMe, dan selang besok harinya akun Permata Mobile X saya bisa login lagi yang akhirnya saya tidak jadi menutup rekening PermataMe

Kesimpulan

Sebenarnya rekening PermataBank ini cukup menguntungkan apalagi bagi pelaku bisnis online yang transaksinya sangat tinggi terutama penggunaan virtual account. Itulah kenapa saya mencoba sampai usaha terkahir memastikan apakah masih bisa menggunakan Permata Mobile X, mengingat transaksi menggunakan Virtual Akun cukup tinggi. Dan untuk keperluan investasi saya menggunakan RDN dan bisa membeli Reksadana langsung di Permata Mobile X untuk mengembangkan dana dengan biaya murah, tapi ingat investasi reksadana adalah berisiko tinggi.

Sekian dan terimkasih telah mengunjungi Rumah Budi.

Comments